Kamis, 17 Oktober 2019

Review Printer

Epson L800 Review

09 June 2016
0
Beri Rating :     

Printer Epson L800 merupakan salah satu seri printer inkjet L Series dari Epson yang sudah beredar cukup lama di Indonesia. Printer inkjet photo A4 dengan performa yang cukup mumpuni ini memiliki desain yang simple mirip dengan seri printer Epson T60. Meskipun simple tapi masih terbilang cukup besar ukurannya untuk jenis printer dengan fitur tunggal yaitu hanya untuk print atau mencetak. Dengan berat 6,2 kg , printer photo ini memiliki ukuran dimensi fisik 537 x 289 x 188 mm. Cukup memakan tempat untuk printer yang hanya mampu menangani kertas ukuran A4. Namun Printer L800 pernah menyabet beberapa penghargaan diantaranya berhasil mendapatkan penghargaan Gold Award dari Majalah HWM pada tahun 2011 untuk kategori Multi Test Best Performance. Printer ini kini dibanderol dengan harga tiga jutaan rupiah dan masih dijual di market printer Indonesia sampai sekarang.

Printer Epson L series memang cukup menjawab kebutuhan konsumen dalam hal mencetak gambar kualitas foto. Meskipun memang bukan merupakan hal baru bagi printer inkjet. Namun salah satu masalah yang sering dihadapi adalah keterbatasan kapasitas tinta yang biasa ditempatkan pada cartridge. Dengan kapasitas yang tidak besar, tinta akan tersedot habis jika digunakan untuk mencetak gambar kualitas foto. Apalagi jika Anda menggunakan mode best photo yang akan “menguras” tinta sehingga lebih boros. Epson L800 menawarkan solusi jika ingin mencetak foto dalam jumlah cukup banyak. Teknologi yang diadopsinya sama dengan seri L100 dan L200 yang telah hadir lama sebelumnya, yaitu menggunakan metode tinta infus yang menggunakan kapasitas tangki berukuran besar.

Printer inkjet warna single function ini menggunakan tinta dengan sistem tangki (Ink Tank System) yang memiliki sistem kerja yang serupa dengan sistem tinta suntik seperti yang sudah banyak digunakan di Indonesia, namun menawarkan berbagai keunggulan. Dengan Epson Ink Tank System, yang terdiri dari enam buah warna tinta (Cyan, Light Cyan, Magenta, Light Magenta, Yellow, dan Black), Epson L800 memiliki kualitas cetak yang menawan. Hasil cetak foto menunjukkan adanya gradasi warna yang dapat dilihat dengan jelas pada warna yang hampir serupa, seperti warna merah di atas warna merah muda, dan sejenisnya. Tinta enam warna tersebut bisa Anda dapatkan termasuk dalam paket penjualan Epson L800.

Epson mengklaim, bahwa selain kualitas cetak foto yang baik, dengan penggunaan Ink Tank System user akan mendapatkan biaya cetak yang jauh lebih terjangkau. Enam buah tinta dengan kapasitas masing-masing 70 ml dapat digunakan untuk mencetak hingga 1800 lembar foto berwarna ukuran 4R. Epson L800 memiliki kecepatan cetak yang mampu mencapai 34 ppm (page per minute) untuk cetak dengan draft mode black dan untuk cetak berwarna A4 dengan draft mode juga mampu mencapai 34 ppm. Kualitas cetak yang dimiliki adalah sebesar 5760 x 1440 dpi (with Variable-Sized Droplet Technology) sebagai pendukung tingkat hasil cetak yang maksimal epson memberikan teknologi Micro Piezo sebagai head print dalam mesin printer inkjet ini. Seperti halnya printer Epson L series yang lain, printer Epson L800 juga disertakan kenob pengunci untuk menghindari tumpah atau tercecernya cairan tinta, Fasilitas ini berguna untuk mengamakan tinta saat printer akan dibawa bepergian. 

Ada satu lagi feature menarik yang ditawarkannya, yaitu bisa mencetak langsung pada keping CD/DVD. Anda mesti menempelkan dulu label polos ke atas permukaan keping CD/DVD. Kemudian letakkan keping tadi ke tray khusus. Anda tinggal melakukan perintah cetak melalui aplikasi Epson Print CD. Printer lalu akan langsung mencetak di atas permukaan yang sudah ditempel label tadi. Hasil cetaknya terlihat akurat dan rapi berkat bantuan software bawaan printer ini. Tempat kertas Epson dengan tinta 6 warna ini berada di bagian atas printer dengan posisi portrait mampu menampung hingga 120 lembar kertas A4 75 gram sedangkan untuk kertas photo glossy mampu menampung hingga 20 lembar kertas glossy ukuran A4. Printer yang dibanderol di kisaran harga tiga jutaan rupiah ini belum dihentikan pemasarannya meskipun Epson sudah mengeluarkan berbagai printer Epson L series yang baru.

 





Labels : epson l800, harga printer epson l80, review, review printer, review printer epson l800

Komentar (0)


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pembaca.
infoprinter.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis.








Featured Post

  • Unboxing HP LaserJet Pro 400 M401n
    Kali ini kami akan melakukan unboxing pada seri Printer HP Laserjet Pro 400 M401n. Printer ini merupakan salah satu produk printer laser unggulan HP di kelas printer laser monokrom. Kami memiliki beberapa printer ini di kantor yang kami beli sendiri dalam kondisi baru. Printer ini merupakan printer laser single function atau print only. Printer laser ini sudah mendukung jaringan menggunakan kabel LAN dan juga
  • Review Samsung Printer ProXpress SL-M3325ND
    Samsung SL-M3325ND membutuhkan waktu warm up time sekitar 10 detik untuk sejak printer ini dinyalakan. Namun ketika kami uji, membutuhkan waktu sekitar 23 detik sampai posisi stand by. Printer laser ini di klaim mampu mencetak dengan kecepatan hingga 35 ppm atau sebanyak 35 halaman per menit. Ketika kami melakukan pengujian cetak dengan mode normal dengan komposisi cetak standar dalam 1 menit, ternyata memang mampu mencetak 35 lembar kertas A4 dalam satu menit. Resolusi cetaknya mampu mencapai 600 x 600 dpi. Printer sudah dilengkapi dengan fitur automatic duplex printing untuk mencetak dua sisi kertas sekaligus. Namun kecepatan cetaknya akan turun sekitar 40-60% dari kecepatan maksimumnya ketika melakukan pencetakan duplex.

Video Channel