Kamis, 17 Oktober 2019

Tips Printer

Tips Memilih Printer Laser Sesuai Kebutuhan

02 May 2016
0
Beri Rating :     

Printer laser kini semakin banyak digunakan di kalangan personal institusi swasta maupun pemerintah. Alat ini menjadi tools penting dalam memenuhi kebutuhan cetak kantor yang semakin tinggi. Apalagi jika berada disituasi yang akan menuntut untuk mencetak laporan, statistik, penelitian, dan hal lain dalam jumlah yang banyak dan deadline yang sempit. Printer laser yang ideal dibutuhkan untuk pekerjaan yang sangat penting ini. Berkat inovasi teknologi, tidak sulit untuk menemukan printer terbaik dengan spesifikasi sesuai dengan kebutuhan.

 

tips memilih printer laser

 

Untuk memilih printer laser yang cocok, bisa dibilang gampang-gampang susah. Memilih printer laser seperti memilih tim kerja yang siap untuk menghadapi tantangan kerja demi pencapaian hasil yang maksimal. Dibutuhkan banyak hal yang menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Namun, Anda tak perlu terlalu khawatir, berikut adalah hal-hal pokok yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih printer laser sesuai kebutuhan Anda.

 

1.Tentukan Printer Laser Seperti Apa Yang Anda Butuhkan

Hal pertama yang anda harus tentukan ketika memilih printer laser adalah untuk tujuan apa anda menggunakannya. Apakah hanya khusus untuk mencetak atau anda perlu fungsi lain seperti fotocopy atau pun scan. Apakah printer laser yang monokrom atau yang printer laser color. Oleh karena itu pastikan printer laser macam apa yang  Anda butuhkan untuk memenuhi kebutuhan mencetak anda atau institusi anda.


2. Pertimbangkan Kecepatan Mencetaknya

Kecepatan menjadi hal penting yang anda harus pertimbangkan. Karena disinilah kelebihan utama printer laser. Kebanyakan institusi membutuhkan printer laser karena kemampuan cetaknya yang cepat. Sebelum membeli printer laser, sebaiknya hitung atau buat perkiraan dulu berapa halaman yang anda atau institusi anda cetak setiap bulannya. Setelah itu telitilah kecepatan mesin dan duty cycle bulanan dari printer yang sedang menjadi  bahan pertimbangan, untuk melihat apakah pola pakai Anda sesuai dengan kemampuan printer.

 

3. Resolusi atau Kualitas Cetaknya

Resolusi menjadi sangat penting jika anda membutuhkan kualitas cetak yang prima. Resolusi printer laser rata-rata sudah cukup baik. Printer laser warna yang paling murah pun sudah menunjukan resolusi optikal yang cukup bagus, yang cocok untuk kebutuhan kebanyakan bisnis. Namun jika Anda tidak benar-benar menginginkan kualitas cetak yang prima, abaikan saja resolusi yang lebih tinggi. Cukup yang standar dan cukup bagus yang memuaskan hati yang melihatnya.

 

tips membeli printer laser

 


4. Pastikan Berapa Dana Yang Akan Anda Sediakan

Pastikan berapa anggaran yang  Anda atau institusi Anda siapkan sehingga dapat memilih produk printer laser yang sesuai dengan kebutuhan cetak dan budget Anda atau institusi Anda. Dan juga perkirakan budget untuk perawatan dan pengeluaran untuk pembelian cartridge atau toner yang pasti akan diperlukan. Sehingga hasil yang dicapai bisa semaksimal mungkin.

 

5. Pastikan Consumable-nya

Pada printer laser biasanya paling tidak, ada cartridge toner yang memiliki masa habis pakai. Ada juga consumable perangkat lain seperti drum unit yang memiliki masa habis pakai pada batas tertentu yang harus diganti. Bahkan di beberapa printer laser warna akan semakin banyak consumable yang memiliki masa habis pakai. Oleh karena itu pastikan dulu sebelum membelinya. Jangan lupa untuk memilih cartridge toner yang berkualitas, terpercaya, dan bergaransi, baik itu cartridge toner original maupun compatible. Jika terpaksa cartridge toner mencari yang bisa direful, maka pastika hanya sampai 2 sampai 3 kali refill agar kualitas cetak tetap terjaha. Setelah itu harus membeli cartridge toner baru siap pakai.

 

6. Periksa Garansi Produk dan Kontak Servicenya

Pilihlah printer laser yang memiliki garansi produk yang lebih baik. Anda dapat melihatnya dengan membandingkan produk dari berbagai brand printer laser yang beredar di Indonesia. Jangan lupa pula untuk mengecek kontak service resminya. Hal tersebut perlu dilakukan jika terjadi sesuatu gangguan pada printer laser yang anda gunakan selama dalam masa garansi. Sehingga dapat menghemat budget perawatan printer Anda atau institusi Anda dan Anda pun menjadi lebih tenang dan tetap bekerja dengan maksimal.

 





Labels : cartridge printer, printer laser, tips memilih printer laser, toner printer, tips, tips printer

Komentar (0)


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pembaca.
infoprinter.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis.






Featured Post

  • Unboxing HP LaserJet Pro 400 M401n
    Kali ini kami akan melakukan unboxing pada seri Printer HP Laserjet Pro 400 M401n. Printer ini merupakan salah satu produk printer laser unggulan HP di kelas printer laser monokrom. Kami memiliki beberapa printer ini di kantor yang kami beli sendiri dalam kondisi baru. Printer ini merupakan printer laser single function atau print only. Printer laser ini sudah mendukung jaringan menggunakan kabel LAN dan juga
  • Review Samsung Printer ProXpress SL-M3325ND
    Samsung SL-M3325ND membutuhkan waktu warm up time sekitar 10 detik untuk sejak printer ini dinyalakan. Namun ketika kami uji, membutuhkan waktu sekitar 23 detik sampai posisi stand by. Printer laser ini di klaim mampu mencetak dengan kecepatan hingga 35 ppm atau sebanyak 35 halaman per menit. Ketika kami melakukan pengujian cetak dengan mode normal dengan komposisi cetak standar dalam 1 menit, ternyata memang mampu mencetak 35 lembar kertas A4 dalam satu menit. Resolusi cetaknya mampu mencapai 600 x 600 dpi. Printer sudah dilengkapi dengan fitur automatic duplex printing untuk mencetak dua sisi kertas sekaligus. Namun kecepatan cetaknya akan turun sekitar 40-60% dari kecepatan maksimumnya ketika melakukan pencetakan duplex.

Video Channel