Kamis, 17 Oktober 2019

Tips Printer

Tips Mengatasi Paper Jam Pada Printer Laser

15 July 2016
0
Beri Rating :     

Bagi Anda pengguna aktif printer laser kemungkinan besar pernah mengalami kertas yang tersangkut di dalam printer atau papar jam ketika proses cetak dan membuat Anda kesal karena terkadang Anda menjadi panic dan mengganggu kerja Anda. Namun sebenernya Anda tak perlu khawatir dan panik karena hal tersebut bisa kita atasi sendiri dengan tetap tenang dan mengetahui cara menanganinya dengan baik. Paper jam biasanya terjadi saat proses pencetakan sehinggga proses ini pasti akan berhubungan dengan kertas cetak. Jadi pastikan saat kita akan mencetak posisi kertas dan ukuran sudah sesuai karena jika tidak proses cetak akan terhambat karena terjadi jam dan semua proses akan terhenti. Berikut ini tips untuk mengatasi paper jam pada printer laser secara umum.

1. Baca dahulu buku panduan penggunaan printer

Biasanya pada buku panduan tersebut sudah ada cara penanganan jika terjadi paper jam pada printer.

2. Ikuti instruksi dari panel printer

Mengikuti petunjuk yang ada pada panel printer atau monitor komputer, biasanya saat terjadi paper jam maka akan muncul informasi mengenai paper jam tersebut maka ikuti instruksi langkah penanganannya dengan seksama.

3. Matikan printer

Matikan power pada printer karena saat terjadi paper jam pada area pemanas maka suhu kertas ataupun area tersebut sangatlah panas maka mematikan printer dahulu untuk menurunkan suhu yang ada pada kertas atau area pemanas sehingga aman bagi kita saat akan mengambil kertas yang tersangkut.

4. Buka penutup semua akses kertas

Buka semua pintu akses kertas masuk pada printer karena biasanya di area tersebut sering terjadi jam. Jika semua penutupnya kita buka akan mempermudah kita untuk melihat di area mana kertas tersebut tersangkut dalam printer.

5. Cek semua area yang mungkin dilewati oleh kertas

Biasanya area yang terjadi paper jam pada printer laser adalah area tray 1 & by pass, area cartridge, area pemanas, dan area kertas keluar.

6. Keluarkan semua kertas yang tersangkut beserta potongan kertasnya jika Ada.

Keluarkan kertas yang tersangkut searah proses cetak dari belakang ke depan. Jangan sampai ada kertas yang tertinggal di dalam printer karena akan mengakibatkan paper jam terulang kembali.

7. Tutup kembali semua penutup printer

Posisikan kembali penutup area printer yang dibuka saat pengambilan kertas yang tersangkut dalam printer, kemudian nyalakan printer. Pastikan pada panel printer “ READY “ tidak ada lagi indikasi eror lain. Jika ada eror lagi, ikuti langkahnya sesuai petunjuk yang ada di panel printer.

Namun jika paper jam yang terjadi sudah terlalu sering atau setiap Anda mencetak dengan menggunakan printer laser Anda, sebaiknya segara hubungi teknisi printer laser terdekat untuk mengecek kondisi printer Anda. Demikian tips mengatasi paper jam pada printer laser secara umum dari infoprinter.id. Semoga bermanfaat.





Labels : paper jam, printer laser, tips, tips mengatasi paper jam

Komentar (0)


Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pembaca.
infoprinter.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis.






Featured Post

  • Unboxing HP LaserJet Pro 400 M401n
    Kali ini kami akan melakukan unboxing pada seri Printer HP Laserjet Pro 400 M401n. Printer ini merupakan salah satu produk printer laser unggulan HP di kelas printer laser monokrom. Kami memiliki beberapa printer ini di kantor yang kami beli sendiri dalam kondisi baru. Printer ini merupakan printer laser single function atau print only. Printer laser ini sudah mendukung jaringan menggunakan kabel LAN dan juga
  • Review Samsung Printer ProXpress SL-M3325ND
    Samsung SL-M3325ND membutuhkan waktu warm up time sekitar 10 detik untuk sejak printer ini dinyalakan. Namun ketika kami uji, membutuhkan waktu sekitar 23 detik sampai posisi stand by. Printer laser ini di klaim mampu mencetak dengan kecepatan hingga 35 ppm atau sebanyak 35 halaman per menit. Ketika kami melakukan pengujian cetak dengan mode normal dengan komposisi cetak standar dalam 1 menit, ternyata memang mampu mencetak 35 lembar kertas A4 dalam satu menit. Resolusi cetaknya mampu mencapai 600 x 600 dpi. Printer sudah dilengkapi dengan fitur automatic duplex printing untuk mencetak dua sisi kertas sekaligus. Namun kecepatan cetaknya akan turun sekitar 40-60% dari kecepatan maksimumnya ketika melakukan pencetakan duplex.

Video Channel